Trik Renovasi Rumah Dengan Budget Minimalis

Merenovasi rumah merupakan suatu hal yang sering dilakukan. Bukan karena kerusakan saja, tapi renovasi dilakukan untuk memperbarui, memperbaiki, dan meremajakan kembali bangunan rumah yang sudah bertahun-tahun berdiri. Tidak jarang alasan merenovasi rumah hanya sekedar bosan dengan design arsitekturnya. Merenovasi rumah identik dengan mengeluarkan budget yang lumayan merogoh kantong lebih dalam, karena kebutuhan material dan tenaga kontraktor yang perlu dipersiapkan. Namun, jika kita tahu trik-triknya maka semua akan bisa dilakukan dengan biaya yang minimalis. Biaya renovasi rumah memang tidak sedikit, padahal ada banyak trik yang dapat dilakukan untuk meminimalisir anggaran renovasi rumah. Terlebih bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Jika anda di Bali, Anda bisa memilih kontraktor bali yang menawarkan budget sesuai dengan kantong tapi tetap dengan kualitas yang optimal.

Daftar Isi

4 Tips Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Renovasi Rumah

Renovasi rumah tidak melulu soal kerusakan, bukan berarti merombak seluruh rumah. kadang beberapa sentuhan halus bisa menyegarkan suasana. Selain itu, memperbaiki rumah juga mencakup pemeliharaan, perbaikan dan servis umum. Tapi, bagaimana caranya agar renovasi rumah tidak memakan biaya yang mahal? Yuk simak tips-tips berikut:

1. Manfaatkan Material Lama Yang Masih Layak Pakai

Membeli material baru jelas akan menghabiskan dana yang cukup besar. Jika material lama masih layak pakai mengapa tidak digunakan bukan? Dengan begitu pengeluaranmu untuk renovasi rumah bisa diminimalisir. Jika penampakannya belum sesuai dengan keinginan, Anda bisa memoles sedikit material tersebut. Hal yang demikian akan membuat material tampak baru dan unik. Misalnya jendela yang material besinya sudah mulai berubah warna dan usang. Anda bisa memodifikasinya dengan mengecat ulang dengan warna yang lebih fresh atau natural sesuai dengan keinginan Anda.

2. Beli Material Renovasi Sendiri

Supaya biaya material yang digunakan sesuai dengan anggaran, sebaiknya membeli material bangunan sendiri.  Hal ini akan membantu Anda dalam menyesuaikan anggaran yang telah direncanakan sejak awal. Dengan demikian Anda dapat meminimalisir pembengkakan biaya akibat tambahan yang tak terduga. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa kontaktor Bali jika menggunakannya. Mereka akan membantu memberikan referensi harga material yang sesuai dengan budget Anda.

3. Tentukan Titik Rentan Kerusakan Sebelum Renovasi Rumah

Menentukan design yang Anda inginkan adalah bagian penting yang perlu dipersiapkan dengan matang. Karena itu, jika kalian berencana memperbaiki rumah dengan budget tertentu, utamakan titik-titik yang mengalami kerusakan. Misalnya kondisi pintu yang sudah terlihat usang dan talang air tak mampu menahan derasnya hujan dan terjadi kebocoran di mana-mana, bagian itu yang perlu diutamakan. Teliti dan cermati tiap sudut rumah untuk mendapati bagian mana yang urgen untuk diperbaiki. Menentukan titik-titik ini penting dilakukan untuk menghindari renovasi yang tidak terlalu perlu.

4. Gunakan Jasa Kontraktor

Jika perbaikan yang akan dilakukan tergolong besar, Anda bisa memilih jasa kontraktor bali atau pemborong. Langkah ini akan membantu meminimalisir dana dan menghemat uang untuk proyek perbaikan.  Hanya saja, untuk melakukan itu, tentu saja berkaitan dengan budget yang Anda miliki. Maka dari itu, perlu dipersiapkan dana jauh-jauh hari agar prosesnya berjalan dengan lancar. Untuk pemborong, carilah jasa kontraktor berdasarkan rekomendasi dari teman atau keluarga. Mekanisme yang digunakan biasanya harian atau borongan.

Beberapa hal tersebut di atas dapat Anda terapkan sebelum melakukan renovasi rumah dengan budget minim. Nah untuk mendapatkan jasa kontraktor bali terbaik dan berkualitas, Anda bisa mendapatkan informasinya melalui www.gedongbali.com, dan dapatkan karya terbaiknya.