Properti Untuk Jasa Bangun Rumah, Ketahui Penjelasan, Jenis, Beserta Kegunaan Tiang Pancang

Terdapat banyak sekali properti untuk jasa tukang bangunan bali yang diperlukan. Baik buruknya properti yang digunakan tentu akan mempengaruhi kualitas dan nilai estetis bangunan. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas bangunan tersebut ialah pondasi tiang pancang.
Pondasi merupakan salah satu bagian yang harus ada dalam proses pembangunan rumah. Jika pondasi tidak dibuat dengan spesifikasi yang baik tentu nantinya bisa berdampak buruk kondisi ketahanan bangunan. Maka, sebaiknya anda pilih kontraktor Bali yang berkualitas agar pembangunan pondasi kuat.

Daftar Isi

Penjelasan Mengenai Tiang Pancang

Pondasi struktural tiang pancang menjadi bagian yang sangat penting sebagai tempat tumpuan beban dalam kurun waktu lama. Apabila tidak ada pondasi yang baik, maka bangunan tidak akan bisa bertahan lama. Biasanya, jasa tukang bangunan bali bisa memprediksi kekuatan tiang pancang ini untuk menghadapi berbagai kondisi.
Selain itu apabila nantinya terjadi suatu bencana alam seperti gempa bumi atau mungkin gangguan lainnya, maka bangunan akan mudah roboh. Pembagian pondasi tiang pancang dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yakni pondasi dalam dan pondasi dalam.

Jenis-Jenis Tiang Pancang

Tiang pancang mempunyai bentuk berbeda-beda, namun umumnya berbentuk persegi panjang, silinder, serta segitiga dan cara pemasangan yang berbeda pula. Terdapat beberapa jenis pondasi tiang pancang yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan rumah. Berikut jenis beserta penjelasannya.

Tiang Pancang Kayu

Tiang pancang jenis ini umumnya hanya digunakan untuk menyangga rumah-rumah tradisional di Indomesia, seperti halnya di kawasan Kalimantan dan Sumatra. Selain itu, banyak juga digunakan sebagai penyangga rumah oleh para nelayan di pesisir laut atau kawasan rawa-rawa.
Untuk pilihan jenis kayunya kontraktor bali akan memilih kayu yang sifatnya keras dan tahan akan pelapukan tanah. Sehingga tidak akan rusak serta dapat berfungsi dalam kurun waktu yang panjang dan tahan terhadap segala cuaca dan perubahan struktur. Bobotnya juga tidak begitu berat sehingga memudahkan proses pengangkutan.

Tiang Pancang Baja

Tiang pancang jenis ini merupakan tiang pancang yang seringkali digunakan untuk pembuatan bangunan. Baik bangunan dengan ukuran kecil maupun besar. Bentuknya terdiri dari bentuk pipa dan kotak.
Tiang pancang ini sangat kuat untuk menahan benturan saat proses pemancangan. Tiang pancang ini juga dapat disambung dengan mudah serta durabilitas yang tergolong tinggi.

Tiang Pancang Beton

Tiang pancang jenis ini juga cukup banyak digunakan untuk pondasi bangunan. Tiang pancang yang satu ini berbahan dasar beton dimana ada beberapa proses dalam pembuatan. Proses tersebut antara lain yaitu: tiang pancang beton dengan cara dicor ditempat dan yang dibuat di pabrik-pabrik tertentu.
Tiang pancang beton ini umumnya memiliki bentuk silinder dan persegi panjang. Tiang pancang ini membutuhkan waktu yang lama sebab harus dilakukan pengecoran terlebih dahulu. Agar memiliki kekuatan yang tinggi, tahan saat proses pengangkutan, serta mampu menahan tekanan saat pemancangan.

Tiang Pancang Komposit

Jenis tiang pancang yang terakhir ialah tiang pancang komposit. Tiang pancang ini terbuat dari campuran beberapa bahan yang berbeda. Bahan-bahan berbeda tersebut antara lain yaitu seperti beton, katu, ataupun baja.
Tiang pancang jenis ini sudah mulai ditinggalkan karena beberapa hal seperti biayanya yang terbilang mahal serta teknik dalam pemasangannya sulit untuk dilakukan.

Apa Saja Kegunaan Pondasi Tiang Pancang ?

Pondasi memiliki peran penting dalam proses pembangunan rumah. Ada beberapa kegunaan dari pondasi tiang pancang yang ada baiknya jika dipahami terlebih dahulu sebelum membangun sebuah rumah hunian. Penasaran, simak uraian di bawah ini untuk mengetahuinya.
Tiang pancang akan menjadi tumpuan beban utama dari bangunan yang akan dibangun di atas permukaan tanah. Dalam hal ini, transfer gaya yang terjadi tidak hanya mengenai gaya vertikal saja, tetapi juga gaya lateral.
Pondasi tiang pancang juga digunakan untuk menahan gaya desakan ke atas yang diakibatkan oleh adanya goncangan atau pergeseran tanah.
Apabila jasa kontraktor bali melakukan kontruksi pada kawasan pantai, maka tiang pancang akan beban bangunan di atas menjadi menyeluruh ke dalam tanah serta air.

Itulah tadi beberapa uraian mengenai penjelasan, jenis beserta kegunaan pondasi tiang pancang. Pondasi yang baik sangat diperlukan agar bangunan dapat berdiri kokoh serta tahan terhadap gangguan maupun bencana alam.

Bagi anda yang membutuhkan rekomendasi jasa tukang bangunan bali berkualitas, maka pilih Gedongbali.com.